
Pelaksanaan
Shalat Ied
Melakukan
sholat ied, yakni Idul Fitri dan Idul Adha bagi setiap orang islam, baik
laki-laki, perempuan, orang merdeka atau hamba sahaya hukumnya sunat muakkad.
Tapi dalam satu versi ada yang berpendapat fardlu kifayah, memandang bahwa
sholat ied adalah bagian dari syi’ar Islam. Waktu pelaksanaan sholat 'ied
adalah masa-masa di antara terbitnya matahari dan tergelincirnya matahari dari
titik kulminasi. Hanya saja sunat
dilakukan ketika matahari telah naik kira-kira satu tombak dalam pandangan mata.
Sholat Idul Fitri dan Idul Adha bisa. dilakukan
secara jama’ah atau sendirian. Namun
bila dilakukan sendirian tidak disunatkan untuk melakukan khutbah.
Sholat 'ied dilaksanakan dengan
dua raka'at dan rukun-rukun dalam shalat 'ied sama persis dengan sholat fardhu.
Sedangkan kesunahan-kesunahan shalat 'ied secara garis besar tidak jauh berbeda
dengan kesunnahan-kesunnahan dalam sholat fardhu. Perbedaannya hanya nampak
dalam kesunnahan untuk melakukan takbir tujuh kali pada rakaat pertama
setelah membaca do'a iftitah dan takbir lima
kali pada rakaat kedua sebelum membaca do'a ta'awwudz. Di antara takbir satu
dengan yang lain disunatkan membaca do'a al-baqiyah as-sholihah.
Khutbah Shalat
Ied
Rukun khuthbah dalam sholat 'ied secara global ada delapan, sedangkan secara
terperinci ada lima .
Hal ini karena ada tiga rukun yang harus dilakukan di dua khuthbah, sedangkan
dua rukun yang lain dilaksanakan pada salah satunya. Kelima rukun itu
adalah :
1.
Membaca hamdalah/ memuji
kepada Allah menggunakan lafadz yang musytaq (tercetak) dari mashdar
hamdun (حمد) dan juga harus
menggunakan lafadh jalalah (الله).
2.
Membaca sholawat pada Nabi
Muhammad saw.
3.
Wasiat agar bertaqwa kepada
Allah swt.
Ketiga rukun
inilah yang harus dilakukan pada dua khuthbah.
4. Membaca
ayat Al-Qur’an yang mudah untuk dipaham pada salah satu khuthbah, namun yang
lebih utama supaya dilakukan pada khuthbah pertama.
5.
Mendo’akan segala hal yang
berkaitan dengan akhirat kepada segenap kaum muslimin, muslimat, mu’minin dan
mu’minat pada waktu khuthbah kedua.
Sunat-sunat dalam pelaksanaan
khutbah mayoritas sama dengan khutbah jum'at, hanya dalam beberapa hal khutbah
dalam shalat ied dibedakan, di antaranya :
/
Sunat mengingatkan tentang hukum-hukum dan
ketentuan zakat fitrah saat khutbah idul fitri dan mengingatkan tentang hukum-hukum
dan ketentuan kurban.
/
Memulai khutbah pertama dengan sembilan
takbiran dan khutbah kedua dengan tujuh takbiran.
Kesunatan bagi imam sholat Idul Fitri :
/
Datang ke tempat sholat ketika sholat hendak dilaksanakan.
/
Setelah sampai pada tempat sholat, hendaknya memperhatikan shof (barisan)
jama’ah sholat ied sebelum takbir.
Kesunatan untuk umum (Imam dan jama’ah sholat ied)[1]
v
Mandi dengan niat untuk melaksanakan sholat ied.
نَوَيْتُ
اْلغُسْلَ ِلعِيْدِ الفِطْرِ / الأضْحَى ِللهِ تَعَالَى .
v Berangkat pagi-pagi sekali dan berhias dengan memakai
parfum, pakaian yang bagus, memotong kuku serta menghilangkan bau yang tidak sedap.
v Hendaknya menempuh jalan yang berbeda ketika berangkat
dan pulang. Menurut suatu keterangan, hal ini untuk mendapatkan lebih banyak
pahala.
v Hendaknya makan terlebih dahulu sebelum berangkat sholat
Idul fitri, sedangkan pada saat Idul Adha, hendaknya melakukan sholat ied terlebih
dahulu.
Teknis Pelaksanaan
Sholat Dan Khutbah Ied.[2]
1.
Ketika imam sampai di tempat pelaksanaan sholat/
masjid, muroqqi segera berdiri untuk memberi
aba-aba dimulainya sholat ied, yaitu membaca
:
صَلُوْا سُنَّةً
لِعِيْدِ اْلفِطْرِ/ الأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةًَ رَحِمَكُمُ الله
2.
Imam segera menuju mihrob (tempat imam), untuk segera memulai
pelaksanaan sholat ied.
Catatan:
Sholat
ied dilakukan dua rakaat, diawali takbirotul ihrom dengan disertai niat sholat
ied.
أُصَلِّى سُنَّةً
لِعِيْدِ اْلفِطْرِ / اْلأَضْحَى إِمَامًا / مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
3.
Setelah takbirotul ihrom, dilanjutkan dengan membaca do’a iftitah yang
telah kita maklumi bacaannya, kemudian takbir tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua sebelum
membaca Al-Fatihah. Antara takbir satu dengan yang lain sampai pada takbir yang
ketujuh disunatkan membaca :
سُبْحَانَ
اللهِ وَاْلحَمْدُ لِلَّه ِ وَلآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أكْبَرْ .
4.
Selesai melakukan tujuh takbir pada rakaat pertama, dilanjutkan membaca ta’awudz,
Al-Fatihah dan surat surat yang disunatkan, seperti
Surat Qof atau Al-A’la pada rakaat pertama, dan Surat al-Qomar atau
surat al-Ghosyiyah pada rakaat kedua.
5.
Selesai melaksanakan sholat, bilal segera berdiri
ke depan, untuk memberi aba-aba dimulainya khutbah ied. Bunyi aba-aba tersebut
seperti :
مَعَاشِرَ اْلمُسْلِمِيْنَ
وَزُمْرَةَ اْلمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ الله، اعْلَمُوْا أَنََّ يَوْمَكُمْ هَذَا
يَوْمُ عِيْدِ الْفِطْرِ/ الأضْحَى وَيَوْمُ
السُّرُوْرِ وَيَوْمُ الْمَغْفُوْرِ، أَحَلَّ الله لَكُمْ فِيْهِ الطَّعَامُ،
وَحَرَّمَ عَلَيْكُمْ فِيْهِ الصِّيَامُ، إذَا صَعِدَ الَخَطِيْبُ عَلَى
المِنْبَرِ أنْصِتُوا أثَابَكُمُ الله وَاسْمَعُوا أجَارَكُمُ الله، وَأطِيْعُوا
رَحِمَكُمُ الله.
6. Kemudian khothib naik mimbar, dan bilal membaca sholawat, yang sebagaimana berikut :
اَللَّهُمَ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، أللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍٍ، اَللَّهُمَ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.
7.
Selesei bilal membaca sholawat,
khotib segera memulai membaca khutbah pertama.
Fenomena Dan
Problematika
Shalat ied
pada hari jum'at
Dalam permasalahan sholat 'ied
sering kita jumpai fenomena jatuhnya hari 'ied bertepatan dengan hari jum'at.
Dalam menyikapi hal ini terdapat beberapa versi pendapat di antara para imam
madzhab mengenaii gugur tidaknya kewajiban untuk melaksanakan sholat jum'at.
·
Menurut versi Hanafiyah dan
Malikiyah tetap diwajibkan melaksanakan
sholat jum'at.
·
Versi Hanabilah berpendapat, sholat
'ied dapat menggugurkan kewajiban sholat jum'at, namun tidak menggugurkan
kewajiban sholat dhuhur.
·
Versi Syafi'iyyah menyatakan
bahwa kewajiban sholat jum'at dapat gugur bagi penduduk yang tempat domisilinya
relatif jauh dengan tempat pelaksanaan sholat 'ied, dengan standarisasi
seandainya mereka setelah melaksanakan sholat 'ied kembali ke rumah
masing-masing niscaya akan ketinggalan shalat jum'at. Hukum ini adalah sebagai
bentuk dispensasi Syari'at bagi mereka, agar tidak dirasakan terlalu berat
dalam menjalankan syari'at-syari'at islam.
Takbir
dan kesunatan dalam fitri dan adha (malam dan siang)
Bagi setiap
kaum muslimin dalam setiap merayakan hari raya disunnahkan memeriahkannya
dengan mengumandangkan takbir di mulai saat matahari terbenam hingga saat imam
melakukan takbirotul ihrom dalam hari
raya 'iedul fitri atau sampai waktu ashar di akhir hari tasyriq. Takbir inilah
dinamakan takbir mursal pada hari raya 'iedul fitri dan takbir muqoyyad pada
hari raya 'iedul adha, karena harus dilakukan setelah sholat fardhu selain pada
malam pertama .
Sedangkan
hukum mengumandangkan takbiran di luar dua hari raya dan tiga hari tasyriq
adalah diperbolehkan, kecuali bertujuan mensyariatkan takbiran tersebut khusus
pada waktu itu atau menimbulkan prasangka pada masyarakat bahwa hal tersebut
disyari'atkan.
Referensi
تفسير
القرطبي ج: 10 ص: 415
قال
استكثروا من الباقيات الصالحات قيل وما هي يا رسول الله قال التكبير والتهليل
والتسبيح والحمد لله ولا حول ولا قوة إلا بالله صححه أبو محمد عبد الحق رحمه الله
وروى قتادة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أخذ غصنا فخرطه حتى سقط ورقه وقال إن
المسلم إذا قال سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر تحاتت خطاياه
كما تحات هذا خذهن إليك أبا الدرداء قبل أن يحال بينك وبينهن فإنهن من كنوز الجنة
وصفايا الكلام وهن الباقيات
الصالحات ذكره الثعلبي وخرجه ابن من حديث
أبي الدرداء قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم عليك بسبحان الله والحمد لله
ولا إله إلا الله والله أكبر فإنهن يعني يحططن الخطايا كما تحط الشجرة ورقها
وأخرجه الترمذي من حديث الأعمش عن أنس بن مالك أن رسول الله صلى الله عليه وسلم مر
بشجرة يابسة الورقة فضربها بعصاة فتناثر الورق فقال إن الحمد لله وسبحان الله ولا
إله إلا الله والله أكبر لتساقط من ذنوب العبد كما تساقط ينوي هذه الشجرة قال هذا
حديث غريب ولا نعرف للأعمش سماعا من أنس إلا أنه قد رآه ونظر إليه وخرج الترمذي
أيضا عن ابن مسعود قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لقيت إبراهيم عليه السلام
ليلة أسري بي فقال يا محمد أقرىء أمتك مني السلام وأخبرهم أن الجنة طيبة التربة
عذبة الماء وأنها قيعان وأن غراسها سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله
أكبر قال حديث غريب خرجه وفيه فقلت وما غراس الجنة قال لاحول ولا قوة إلا بالله
وخرج ابن ماجة عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم مر به وهو يغرس غرسا
فقال يا أبا هريرة مالذي تغرس قلت غراسا قال ألا أدلك على غراس خير من هذا سبحان
الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر يغرس لك بكل واحدة شجرة في الجنة وقد
قيل إن الباقيات الصالحات هي النيات والهمات لأن بها تقبل الأعمال وترفع
قاله الحسن وقال عبيد ابن عمير هن البنات يدل عليه أوائل الآية قال الله تعالى
المال والبنون زينة الحياة الدنيا ثم قال والباقيات الصالحات يعني البنات الصالحات
هن ثم الله لآبائهن خير ثوابا
No comments:
Post a Comment