اَلْمُقَدِّمَةُ
MUQODIMMAH
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ
لِلَّهِ الْفَتاَّحِ الْجَوَادِ الْمُعِيْنِ عَلىَ التَّفَقُهِ فِي الدِّيْنِ مَنِ
اخْتَارَهُ مِنَ الْعِبَادِ وَأَشْهَدُ أَنْ
لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله شَهاَدَةً تُدْخِلُناَ دَارَ الْخُلُوْدِ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الْمَقاَمِ الْمَحْمُوْدِ صَلىَّ اللهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلىَ
آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْأَمْجَادِ صَلاَةً وَسَلاَمًا أَفُوْزُ بِهِمَا يَوْمَ الْمَعَادِ.
Dengan menyebut
nama Allah yang maha pengasih dan penyayang.[1] Segala puji bagi Allah SWT yang maha pembuka
dan maha pemberi lagi maha penolong didalam memahami ajaran agama bagi
hamba-hambanya yang terpilih. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah
dengan kesaksian yang memasukan kami kepada negri yang kekal abadi. Aku bersaksi
bahwa junjungan kami Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, yang memiliki
kedudukan yang mulia. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan salam keharibaannya dan atas keluarga serta para sahabatnya
yang mulia. Dengan rahmat dan salam, semoga aku berbahagia karenanya dihari kiamat
kelak.
(وَبَعْدُ) فَهَذَا
شَرْحٌ مُفِيْدٌ عَلىَ كِتَابِي اَلْمُسَمَّى بِقُرَّةُ الْعَيْنِ بِمُهِمَاتِ الدِّيْنِ
يُبِيْنُ الْمُرَادَ وَيُتَمِّمُ الْمَفَادَ
وَيَحْصُلُ الْمَقَاصِدَ وَيُبْرِزُ الْفَوَائِد َوَسَمَّيْتُهُ
بِفَتْحِ الْمُعِيْنِ بِشَرْحِ قُرَّةِ الْعَيْنِ بِمُهِمَاتِ الدِّيْنِ وَأَنَا أَسْأَلُ اللهَ الْكَرِيْمَ الْمَنَانَ
أَنْ يَعُمَّ الْإِنْتِفَاعَ بِهِ لِلْخَاصَّةِ وَالْعَامَّةِ مِن َالْإِخْوَانِ وَأَنْ يُسْكِنَنِي بِهِ اْلفِرْدَوْسَ فِي دَارِ
الأَمَانِ إِنَّهُ أَكْرَمُ كَرِيْمٍ وَأَرْحَمُ رَحِيْمٍ.
( Setelah
itu semua )[2]
kitab ini adalah sebuah syarah ( penjelasan ) yang
berfaedah yang tertuang dari sebuah kitab yang bernama "Qurratul-'ain
bimuhimatid-diin" yang memberikan penjelasan, menyempurnakan
isi, mengantarkan kepada maksud-maksud dan menjabarkan faidah-faidahnya, dan
aku beri nama “Fathul Mu’in Bi Syarh Qurratil ‘Ain Bi Muhimmatid-Diin.”Aku
memohon kepada Allah SWT yang maha mulia lagi maha pemberi anugrah, semoga
kitab ini bermanfaat secara menyeluruh, baik untuk orang yang khusus maupun
orang yang awam dari kalangan saudara-saudara kami. Dan semoga Allah SWT
menempatkanku kedalam surga Firdaus[3]
dengan wasilah kitab ini, yaitu di negeri yang penuh
dengan kenyamanan. Sesungguhnya dia (Allah) adalah zat yang maha paling mulianya
orang yang mulia dan maha paling penyayan nya orang yang penyayang.
(بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ) أَيْ
أُؤَلِّفُ وَالْاِسْمُ مُشْتَقٌ مِنَ السُّمُوِ وَهُوَ الْعُلُوُ لاَ مِنَ الْوَسْمِ
وَهُوَ الْعَلَامَةُ وَاللهُ عَلَمٌ لِلذَّاتِ الْوَاجِبِ الْوُجُوْدِ وَأَصْلُهُ
إِلَهٌ وَهُوَ اِسْمُ جِنْسٍ لِكُلِّ مَعْبُوْدٍ ثُمَّ عُرِّفَ بِأَلْ وَحُذِفَتِ الْهَمْزَةُ ثُمَّ
اسْتُعْمِلَ فِي الْمَعْبُوْدِ بِحَقٍّ وَهُوَ الْاِسْمُ الْأَعْظَمِ عِنْدَ الْأَكْثَرِ
وَلَمْ يُسَمَّ بِهِ غَيْرَهُ وَلَوْ تَعَنُّتًا وَالرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ صِفَتَانِ
بُنِيَتَا لِلْمُبَالَغَةِ مِنْ رَحِمَ وَالرَّحْمَنُ أَبْلَغُ مِنَ الرَّحِيْمِ لِأَنَّ
زِيَادَةَ الْبِنَاءِ تَدُلُّ عَلَى زِيَادَةِ الْمَعْنَى وَلِقَوْلِهِمْ رَحْمَنُ
الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرَحِيْمُ
الآخِرَةِ .
Aku
menyusun kitab ini dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Lafad الْاِسْمُ dibentuk
dari kata السُّمُوِ yang berarti tinggi, bukan di ambil
dari kata الْوَسْمِ yang berarti tanda atau alamat.
Sedangkan lafad الله adalah nama bagi zat yang wajib wujud, yaitu isim jenis bagi
tiap-tiap yang disembah, kemudian dima'rifatkan dengan alif-lam lalu
dibuang hamzahnya, kemudian digunakan pada sesuatu yang disembah dengan haq. Lafadz
الله adalah
sebuah nama yang agung menurut mayoritas ulama[4],
dan tidak boleh dinamai dengan nama tersebut selain Allah, sekalipun atas dasar
fanatik. Lafad الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
adalah
dua sifat yang dibentuk sebagai mubalaghah dari asal رَحِمَ . Lafad الرَّحْمَنُ maknanya
lebih unggul dari lafadz الرَّحِيْمِ sebab
bertambahnya bentuk menunjukan bertambahnya makna dan sebab ada sebuah ucapan
para ulama : Allah maha pengasih didunia dan
akhirat, dan Allah maha pengasih diakhirat .
)اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانَا) أَيْ
دَلَّنَا (لِهَذَا) التَّأْلِيْفِ (وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا
اللهُ) إِلَيْهِ وَالْحَمْدُ هُوَ الْوَصْفُ بِالْجَمِيْلِ (وَالصَّلَاةُ وَهِيَ مِنَ
اللهِ الرَّحْمَةُ الْمَقْرُوْنَةُ بِالتَّعْظِيْمِ (وَالسَّلَامُ) أَيْ اَلتَّسْلِيْمُ
مِنْ كُلِّ آفَةٍ وَنَقْصٍ (عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ) لِكَافََّةِ
الثَّقَلَيْنِ الجِنِّ وَالْاِنْسِ إِجْمَاعًا وَكَذَا الْمَلَائِكَةُ عَلَى مَا قَالَهُ جَمْعٌ
مُحَقِّقُوْنَ وَمُحَمَّدٌ عَلَمٌ مَنْقُوْلٌ مِنِ اسْمِ الْمَفْعُوْلِ الْمُضَعَّفِ
مَوْضُوْعٌ لِمَنْ كَثُرَتْ خِصَالُهُ الْحَمِيْدَةُ سُمِىَ بِهِ نَبِيُّنَا صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَاَلِهِ وَسَلَّمَ بِإِلْهَامٍ مِنَ اللهِ لِجَدِّهِ وَالرَّسُوْلُ
مِنَ الْبَشَرِ ذَكَرٌ حُرٌّ أُوْحِىَ إِلَيْهِ بِشَرْعٍ وَأُمِرَ بِتَبْلِيْغِهِ وَإِنْ
لَمْ يَكُنْ لَهُ كِتَابٌ وَلَا نَسْخٌ كَيُوْشَعَ عَلَيْهِ السَّلَامُ فَإِنْ لَمْ
يُؤْمَرْ بِالتَّبْلِيْغِ فَنَبِيٌّ وَالرَّسُوْلُ أَفْضَلُ مِنَ النَِّبيِّ إِجْمَاعًا
وَصَحَّ خَبَرٌ أَنَّ عَدَدَ الْاَنْبِيَاءِ عَلَيْهِمِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ مِائَةُ
أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُوْنَ أَلْفًا وَأَنَّ عَدَدَ الرَّسُلِ ثَلَثُمِائَةٍ
وَخَمْسَةَ عَشَرَ (وَعَلَى آلِهِ) أَيْ أَقَارِبِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ مِنْ بَنِي هَاشِم
وَالْمُطَلِبِ وَقِيْلَ هُمْ كُلُّ مُؤْمِنٍ أَيْ فِي مَقَامِ الدُّعَاءِ وَنَحْوِهِ
وَاخْتِيْرَ لِخَبَرٍ ضَعِيْفٍ فِيْهِ وَجَزَمَ بِهِ النَّوَوِي فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ
(وَصَحْبِهِ) وَهُوَ اِسْمُ جَمْعٍ لِصَاحِبٍ بِمَعْنَى الصَّحَابِي وَهُوَ مَنِ
اجْتَمَعَ مُؤْمِنَاتٍ بِنَبِِّينَا صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَاَلِهِ وَسَلَّمَ وَلَوْ
أَعْمَى وَغَيْرَ مُمَيِّزٍ (اَلْفَائِزِيْنَ بِرِضَا اللهِ) تَعَالَى صَِفةٌ لِمَنْ
ذُكِرَ
( Segala
puji bagi Allah[5]
yang telah memberikan hidayahnya kepada kita didalam penyusunan kitab ini. Maka
tiadalah kita akan mendapatkan petunjuknya jika Allah tidak memberikan hidayah-Nya. )
Lafad الحمد bermakna sifat yang indah.( Sholawat dan salam) Makna الصلاة dari Allah adalah rahmat[6]
yang besertaan dengan pengagungan sedangkan makna السلام adalah keselamatan dari setiap kerusakan dan kekurangan (
semoga tercurahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad utusan Allah ) untuk
seluruh manusia dan jin sesuai dengan kesepakatan ulama. Begitu pula
malaikat menurut keterangan sekelompok ulama
yang menyatakan masalah besertaan dalilnya. Lafad محمد adalah nama yang dipindah dari isim maf’ul yang diulang
huruf ainnya diperuntukkan untuk seseorang yang memiliki sifat terpuji. Beliau dinamakan
demikian, karena ilham yang diperoleh kakeknya dari Allah. Rasul dari golongan
manusia adalah seorang laki-laki
merdeka, yang diberi wahyu tentang ajaran syareat, dan diperintahkan untuk menyampaikannya sekalipun ia tidak membawa kitab suci atau
sebuah nusakh kitab dari Allah, seperti nabi Yusya'
AS . Dan bila ia tidak diperintahkan untuk menyampaikannya maka disebut dengan nabi. Seorang Rasul
lebih utama dari pada seorang nabi menurut kesepakatan ulama. Dalam hadist yang
shahih bahwa jumlah bilangan nabi sebanyak
124.000 sedangkan jumlah bilangan rasul sebanyak 315.[7] (
Dan semoga tercurahkan kepada keluarganya nabi ) maksud dari keluarganya nabi
adalah kerabat-kerabat nabi yang berasal dari Bani Hasyim
dan Bani Muthalib.[8] Sebagian
pendapat mengatakan kerabat nabi adalah seluruh
kaum
muslimin yang terdapat dalam maqom doa atau sejenisnya." Keterangan
ini dipilih atas dasar hadist dhaif dan Imam Nawawi menegaskan hal tersebut
didalam kitab syarah muslim. ( Dan kepada seluruh sahabat-sahabatnya) Lapadz
وصحبه adalah
isim jamak dari صاحب yang
bermakna الصحابي yaitu,
" orang yang berkumpul bersama nabi SAW dalam keadaan beriman, walaupun ia buta dan
belum tamziz , ( yang mendapat ridla Allah ta’ala ) adalah shifat bagi orang yang telah di
sebutkan.
)وَبَعْدُ) أَيْ
بَعْدَمَا تَقَدَّمَ مِنَ الْبِسْمِلَةِ وَالْحَمْدَلَةِ وَالصَّلَاةُ وَالسَلَامُ
عَلَى مَنْ ذُكِرَ (فَهَذَا) الْمُؤَلَّفُ
الْحَاضِرُ ذِهْنًا (مُخْتَصَرٌ) قَلَّ لَفْظُهُ وَكَثُرَ مَعْنَاهُ مِنَ الْاِخْتِصَارِ(فِي
الْفِقْهِ) هُوَ لُغَةً اَلْفَهْمُ وَاصْطِلَاحًا اَلْعِلْمُ بِالْاَحْكَامِ الشَّرْعِيَةِ
الْعَمَلِيَةِ الْمُكْتَسَبِ مِنْ أَدِلَتِهَا التَّفْصِيْلِيَةِ وَاسْتِمْدَادُهُ
مِنَ الْكِتَابِ وَالسُّنَةِ وَالْاِجْمَاعِ وَالْقِيَاسِ وَفَائِدَتُهُ اِمْتِثَالُ
أَوَامِرِ اللهِ تَعَالَى وَاجَتِنَابِ نَوَاهِيْهِ (عَلىَ مَذْهَبِ الْاِمَامِ)
الْمُجْتَهِدِ أَبِي عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدِ بْنِ إِدْرِيْسِ (الشَّافِعِي رَحِمَهُ
الله تَعَالىَ) وَرِضَى عَنْهُ أَيْ مَا ذَهَبَ إِلَيْهِ مِنَ اْلاَحْكَامِ فِي الْمَسَائِلِ
إِدْرِيْسٌ وَالِدُهُ هُوَ اِبْنُ عَبَّاسِ بْنُ عُثْمَانِ بِنْ شَافِعِ بْنُ السَّائِبِ
بْنُ عُبَيْدِ بْنُ عَبْدٍ بْنُ يَزِيْدٍ بْنُ هَاشِمٍ بْنُ عَبْدُ الْمُطَلِبِ بْنُ
عَبْدُ مَنَافٍ وَشَافِعٌ هُوَ الَّذِيْ يُنْسَبُ إِلَيْهِ الْاِمَامُ وَأَسْلَمَ هُوَ وَأَبُوْهُ السَّائِبُ يَوْمَ بَدْرٍ
وَوُلِدَ إِمَامُنَا رَضِىَ اللهُ عَنْهُ سَنَةَ خَمْسِيْنَ وَمِائَةٍ وَتُوُفِيَّ
يَوْمَ الْجُمْعَةِ سَلْخَ رَجَبَ سَنَةَ أَرْبَعٍ وَمِائَتَيْنِ (وَسَمَيْتُهُ بِقُرَّةُ
الْعَيْنِ) بِبَيَانِ (مُهِمَّاتِ) أَحْكَامِ (الدِّيْنِ) اِنْتَخَبْتُهُ وَهَذَا
الشَّرْحُ مِنَ الْكُتُبِ الْمُعْتَمَدَةِ لِشَيْخِنَا خَاتِمَةِ الْمُحَقِّقِيْنَ
شِهَابُ الدِّيْنِ أَحْمَدُ بْنُ حَجَرٍ اَلْهَيْتَمِى
وَبَقِيَّةُ الْمُجْتَهِدِيْنَ مِثْلَ وَجِيْهُ الدِّيْنِ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ
زِيَادِ اَلْزُبَيْدِى رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا وَشَيْخِي مَشَايِخِنَا شَيْخِ الْاِسْلَامِ
اَلْمُجَدَدِ زَكَرِيَا اَلْاَنْصَارِي اَلْاِمَامِ اَلْاَمْجَدِ أَحْمَدُ اَلْمُزُجَدُ
اَلزُّبَيْدِى رَحِمَهُمَا اللهُ تَعَالَى وَغَيْرِ هِمْ مِنَ مُحَقِّقِي الْمُتَأَخِرِيْنَ
مُعْتَمِدًا عَلىَ مَا جَزَمَ بِهِ شَيْخَا الْمَذْهَبِ النَّوَوِيُ وَالرَّافِعِيُ
فَالنَّوَوِيُ فَمُحَقِّقُو الْمُتَأَخِرِيْنَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمْ (رَاجِيًا مِنْ)
رَبِّنَا (الرَّحْمَنِ أَنْ يَنْتَفِعَ بِهِ الْاَذِكِيَاءُ) أَيْ اَلْعُقَلَاءُ (وَأَنْ
تُقِرُّ بِهِ) بِسَبَبِهِ (عَيْنِي غَدًا) أَيْ اَلْيَوْمَ الْاَخِرِ (بِالنَّظَرِ
إِلَى وَجْهِهِ الْكَرِيْمِ بُكْرَةً وَعَشِيًّا) آمِيْنَ.
(Setelah
itu semua), yakni Setelah menyebutkan Basmalah dan Hamdalah serta
pengucapan shalawat dan salam atas orang yang telah disebutkan. (
karangan ini ) karangan yang hadir dalam hati
( merupakan ringkasan kecil) yang
mencakup sedikit lafad dan banyak makna terurai didalamnya sebagai Sebuah
ringkasan (dalam ilmu fiqih). Fikih secara etimologi adalah pemahaman
dan menurut istilah adalah
ilmu tentang hukum-hukum syari’at yang
berbentuk pengamalan yang dihasilkan dari dasar-dasar yang terperinci. Pengambilannya
Melalui al-Quran, As-sunnah, Ijma para
ulama dan Qias. Adapun faedah mempelajari ilmu tersebut adalah untuk menjalankan
segala perintah-perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. ( dalam madzhab Imam ) Al
mujtahid abi Abdillah Muhammad bin Idris ( As-Syafi’i semoga Allah SWT
senantiasa mengasihinya) dan meridlainya . Maksudnya adalah mengikuti hukum-hukum permasalahan
dari imam Syafi’ie . Idris adalah nama
orang tua Imam Syafi’i , dia adalah anak dari Ibnu Abas bin Utsman
bin Syafi’ bin Saib bin Ubed bin Abdun
bin Yazid bin Hasyim bin Abdul Muthalib bin Manaf. Sedang Syafi’ adalah nama yang dihubungkan kepada imam Syafi’i yang masuk
islam bersamaan ayahnya Saib pada waktu terjadi perang Badar . Imam kita
dilahirkan pada tahun 150 H dan
wafat hari Jumat pada akhir bulan Rajab tahun 204 H . (Saya namakan kitab ini dengan "Qurratul'ain"
) yang menjelaskan ( hal-hal penting )
tentang hukum-hukum ( agama ). Ringkasan
tersebut dan syarah ini kami ambil dari sumber kitab-kitab pegangan milik guru kami
yang menjadi penutup ulama yang menjelaskan masalah besertaan dalilnya yakni Syihabudin Ahmad bin Hajar Al-haitami, ulama
mujtahid yang lain seperti Syekh
Wajihudin Abbdurahman bin ziyad Az-zubaidi - semoga Allah SWT Meridhoi
keduanya - dan karya dari dua
gurunya guru kami Syaikhul islam
Al-Mujadid Zakariya Al-Anshari dan al-imam al-Muzajad Az-zubaidi
- Semoga Allah SWT senantiasa mengasihi keduanya- , dan dari selain mereka semua
yakni ulama kurun akhir yang menyatakan masalah besertaan dalilnya. Kami berpegangan
dengan pendapat yang telah disepakati oleh
Syaikhunal madzhab imam Nawawi dan imam Rafi’ie
, kemudian Imam Nawawi dan ulama
ahli tahqiqi kurun akhir yang lain[9]
- semoga Allah meridloi mereka
semua- (Berharap) dari tuhan kami ( yang maha pengasih, semoga
kitab ini bermanfaat bagi para cendikiawan ) yakni orang-orang yang
berakal ( dan semoga Allah menyejukkan )
dengan sebab kitab ini ( mata kami esok ) dihari akhir ( dengan melihat dzatnya
Allah yang maha mulia ) dipagi dan sore hari . Ammin
[1] Mengucapkan basmalah hukumnya sangat
dianjurkan disetiap hal yang bagus sekira bukan perkara yang haram dan makruh
secara dzatiahnya dan bukan pada perkara yang hina. Ianah Thalibin Juz. 1 Hal.
9 Darul Fikr
[2] Setelah
membaca basmalah , hamdalah dan shalawat kepada nabi, keluarga dan sahabatnya . Ianah
Thalibin Juz. 1 Hal. 9 Darul Fikr
[3] Surga Firdaus merupakan surga paling tinggi
dari ke-enam yang lain ; Surga Ma’wa, surga Khuld, surga An-Na’im, surga ‘Adn ,
Daru Salam dan Darul Jalal. Ianah Thalibin Juz.1 Hal.15 Darl Fikr
[4] Sedang menurut imam Nawawi adalah lafad الحي القيومIanah Thalibin Juz.1 Hal.17
Darl Fikr
[5] Memuji Allah terkadang wajib seperti dalam
sholat dan khutbah jum’ad, sunah seperti dalam khutbah nikah , awal doa dan
khutbah nikah, makruh seperti dilafadkan di wc , haram seperti diucapkan saat
gembira dengan kemaksiatan yang dilakukan. Ianah Thalibin Juz. 1 Hal.13 Darl
Fikr
[6] Dan bermakna doa untuk selain dari Allah . Ianah
Thalibin Juz. 1 Hal.13 Darl Fikr
[7] Wajib mempercayai hal tersebut secara global
bagi yang tidak mengetahui perinciannya, dan dengan terperinci bagi yang
mengetahui. Ianah Thalibin Juz. 1 Hal.13 Darl Fikr
[8] Hasyim adalah kakek nabi, sedang Muthalib adalah
saudara Hasyim. Keduanya keturunan Abdul
Manaf . Dikecualikan
dari bani Hasyim dan Muthalib adalah bani Abdul Syamsi dan Bani Naufal - walaupun keduanya dari
Abdul Manaf - sebab kedua bani ini
telah menyakiti nabi SAW. Ianah Thalibin Juz. 1 Hal.21 Darl Fikr
[9] Maksudnya yang dijadikan pedoman dalam
berfatwa pertama kali adalah pendapat yang telah disepakati oleh imam Nawawi
dan imam Rafi’ie. Jika ada perbedaan pendapat diantara keduanya maka yang lebih
diprioritaskan adalah pendapat imam Nawawi, lantas imam Rafi’ie dan mayoritas
ulama. Untuk ulama muta’akhirin yang lebih diprioritaskan adalah kesepakatan
ibnu Hajar dalam Tuhfah dan imam Ramli dalam Nihayah. Jika terjadi perbedaan
dari keduanya maka boleh memilih yang mana saja. Ianah Thalibin Juz. 1 Hal.27
Darl Fikr
No comments:
Post a Comment